ADS

Khasiat Dan Manfaat Uricaria Gambir Sarawak Asli

Khasiat dan Manfaat Uricaria Gambir Sarawak Asli KHASIAT DAN MANFAAT URICARIA GAMBIR SARAWAK ASLI
Khasiat dan Manfaat Uricaria Gambir Sarawak Asli. Sebelum membahas dan mengungkap belakang layar dibalik kegunaan Gambir Sarawak ini ada baiknya kita tahu apa itu Uricaria Gambir Sarawak?. Gambir Sarawak ialah homogen getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting flora berjulukan sama (Uricaria gambir Roxb.) lihat gambar di atas. Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan pada menyirih. Kegunaan yang lebih penting ialah sebagai materi penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu materi alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai materi adonan menyirih.

KEGUNAAN URICARIA GAMBIR SARAWAK ASLI :

Kegunaan utama ialah sebagai komponen menyirih, yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatra hingga Papua semenjak paling tidak 2500 tahun yang lalu. Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lain ialah sebagai adonan obat, menyerupai sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan materi pewarna tekstil.

Fungsi yang tengah dikembangkan juga ialah sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel. Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, menyerupai kulit kayu Acacia mearnsii, kayu Schinopsis balansa, serta kulit polong Caesalpinia spinosa yang dihasilkan negara lain.

KANDUNGAN URICARIA GAMBIR SARAWAK :

Kandungan utama dan juga dikandung oleh banyak anggota Uncaria lainnya ialah flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%), serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin dan turunan dihidro- dan okso-nya.[2] Selain itu gambir dijadikan obat-obatan modern yang diproduksi negara jerman, dan juga sebagai pewarna cat, pakaian.

Gambir ini ternyata sanggup bertindak menyerupai obat bius dan sanggup menahan rasa sakit antara 2 hingga 6 jam bergantung kepada jumlah yang dipakai.

Selain untuk pengobatan, gambir juga kerap dijadikan adonan untuk menyirih atau dalam bahasa setempat “menginang”. Campuran daun sirih, gambir, sedikit kapur dan sedikit buah pinang, menyebabkan prosesi menyirih atau menginang sanggup memperlihatkan dampak segar dan damai bagi pemakainya. Selain itu, adonan ini terbukti sanggup memperkuat gigi dan menghindarkan dari penyakit verbal dan gusi menyerupai sariawan dan gusi bengkak.

Begitulah kira - kira khasiat dan manfaatnya, Namun Akhir - tamat ini banyak juga Uricaria Gambir Sarawak di jual dan digunakan sebagai materi adonan Obat Kuat Herbal Oles mungkin telah diteliti oleh para peneliti ternyata Gambir sanggup mempunyai fungsi lain apalagi bila dicampur dengan materi - materi lain.

Sumber : http://zonaaneh.blogspot.com, http://kreasimasakan.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

ADS