ADS

Resep Kerak Telor Yummy Khas Betawi

RESEP DAN CARA MEMBUAT KERAK TELOR ENAK KHAS BETAWI RESEP KERAK TELOR ENAK KHAS BETAWI

RESEP DAN CARA MEMBUAT KERAK TELOR ENAK KHAS BETAWI. Kerak telor orisinil yaitu masakan berbahan dasar telur yang merupakan warisan masakan nusantara khas betawi - Jakarta Indonesia yang sangat populer kini dalam perjuangan pemasarannya sudah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia ibarat di kota bandung, surabaya, dan denpasar-bali dengan cara jualan pribadi ataupun dijual secara sistem franchise waralaba yang menguntungkan, bagaimana tertarik dengan bisnis kerak telor mini Istimewa ini?.

Kerak telor special yaitu makanan orisinil kawasan Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan utama beras ketan putih, telur ayam, udang kering (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, kemudian diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Aneka kreasi olahan kerak telor belibis ini perkembangannya dengan kombinasi yang lain ibarat kerak telor ayam, daging sapi, kornet, sosis,

SEJARAH KERAK TELOR BETAWI ASLI

Menurut sejarah Kerak Telor sudah ada pada zaman Belanda menjajah Indonesia pada waktu dulu. Kerak Telor ini sudah ada semenjak Jakarta masih berjulukan Batavia.

Di zaman itu pohon kelapa banyak tumbuh dan dimanfaatkan sebagai materi masakan oleh warga sekitarnya. Salah satunya menjadi serundeng, tambahan khas Kerak Telor! Sejarah lain mengatakan, dulu Kerak Telor tercipta secara tidak sengaja. Awalnya ada pesta hajatan penduduk Batavia. Nah, alasannya yaitu memasak telur dalam jumlah banyak dan massal, hasilnya telur tersebut setengah gosong dan menjadi kerak alias melekat di dasar wajan.

Entah alasannya yaitu alasan sayang atau apa, hidangan ini justru diracik sedemikian rupa sehingga menjadi Kerak Telor ibarat yang kita kenal kini ini.  Cerita punya dongeng lainnya, berdasarkan penuturan Huda, seorang penjual Kerak Telor di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) makanan ini warisan kolonial. Dikisahkan salah satu pendekar silat Betawi, Si Pitung pergi ke rumah sanak saudaranya.

Ia dihidangkan telur dadar goreng namun tanpa nasi alasannya yaitu mereka kehabisan beras. Yang tertinggal di dapur yaitu kerak nasi yang melekat di dasar kuali. Kemudian Si Pitung pergi ke dapur dan mengambil kerak tersebut untuk dimakannya bersama telur dadar. Jadilah Kerak Telor. Cara masak makanan kerak telor sangat sederhana dengan peralatan seadanya ibarat wajan penggorengan dengan bumbu khas kerak telur spesial. Begitulah kira-kira artikel singkat mengenai sejarah dan perkembangan kerak telor beserta gambar untuk video nya silahkan saksikan di situs youtube.

BAHAN :
  • 100 gram beras ketan putih
  • 250 ml air
  • 100 gram kelapa parut kasar, disangrai untuk taburan
  • 5 butir telur bebek
  • 15 gram ebi, diseduh, disangrai, dihaluskan
  • 30 gram bawang merah goreng
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • bawang merah goreng untuk taburan
BUMBU HALUS :
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 3 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok teh merica
CARA MEMASAK KERAK TELOR KHAS BETAWI :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Rendam beras ketan putih dan air semalam. Tiriskan.
  3. Panaskan wajan cekung. Beri 1 1/2 sendok makan beras ketan putih. Siram dengan 3 sendok makan air rendaman beras. Biarkan hingga setengah kering.
  4. Kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh garam, dan 1 /8 sendok teh gula pasir.
  5. Siram ke atas ketan. Aduk-aduk sambil diratakan di penggorengan. Biarkan hingga matang sambil ditutup. Batik penggorengan di atas bara api. Biarkan hingga matang. Angkat.
  6. Tabur kelapa sangrai dan bawang merah goreng.

Subscribe to receive free email updates:

ADS