ADS

Khasiat Dan Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, sanggup tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Tomat merupakan keluarga erat dari kentang.

Khasiat dan manfaat Tomat sanggup untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah. Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/)

Berdasarkan kegunaan

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan pembagian terstruktur mengenai dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat ialah struktur buah malah di beberapa kuliner tomat menjadi bumbu kuliner untuk mendapat rasa asam di masakan.

Tomat Berdasarkan Penampilan


Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau saat masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Dari ukuran dan bentuk, orang mengenal kelompok tomat
  1. Granola yang bentuknya lingkaran dengan pangkal buah mendatar dan meliputi yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena sanggup dimakan langsung),
  2. Gondol yang biasa dibentuk saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia ialah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
  3. Sayur ialah tomat dengan buah biasanya padat dan digunakan untuk diolah dalam masakan
  4. Tomat Ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.
Kandungan Nutrisi Tomat Mengandung banyak Gizi dan Vitamin :
  1. Tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan badan Anda tetap kuat.
  2. Tomat mengandung phytonutrient (nutrisi yang didapatkan dari tumbuhan termasuk buah) yang disebut likopen yang telah terbukti dalam beberapa penelitian melawan penuaan dan mempunyai sifat-sifat antikanker. Likopen efektif untuk melawan kanker prostat dan usus besar.
  3. Likopen yang terkandung di dalam tomat juga membantu melawan kerusakan gen yang berpotensi menjadikan penyakit.
  4. Tomat merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang terbukti dalam penelitian mempercepat pembakaran lemak dalam badan lebih dari 30 persen.
  5. Penelitian menunjukkan likopen yang terkandung di dalam tomat, kalau dikonsumsi secara teratur, sanggup mengurangi risiko serangan jantung hingga 29 persen.
  6. Kurangnya asupan likopen dalam kuliner yang dikonsumsi perempuan menopause dikaitkan dengan osteoporosis.
  7. Tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dalam penelitian sanggup menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Tomat juga terbukti sanggup mencegah penggumpalan darah (dikenal sebagai agregasi trombosit), yang merupakan faktor risiko untuk aterosklerosis
  8. Tomat juga mengandung phytonutrient lain, termasuk betakaroten, lutein, dan zeaksantin, yang baik untuk mata dan membantu melindungi mata Anda dari degenerasi.
  9. Tomat enak dan serbaguna. Tomat sanggup dipadukan dalam pasta, salad, sup, kari, semur, dan banyak sekali kuliner favorit Anda.
Sebagaian orang menyampaikan tomat seharusnya dimakan sesudah dimasak untuk mendapat nutrisi yang maksimal. Itu tidak sepenuhnya benar. Meski likopen diserap maksimal dari tomat yang sudah dimasak, vitamin C dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam tomat paling banyak terkandung pada tomat yang tidak dimasak dalam artian tomat mentah.

Saya menyarankan untuk memadukan keduanya. Nikmati tomat masak dalam sup, semur, dan kari. Makan tomat mentah dalam salad, sandwich, salsa Jus Tomat.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen yang terkandung dalam tomat kuning dan oranye diserap lebih maksimal daripada likopen yang terkandung dalam tomat merah. Makara jangan lupa untuk menyempatkan diri memakan kedua jenis tomat itu.

Berikut manfaat tomat untuk kecantikan jikalau Anda mengkonsumsi tomat, anda tidak perlu lagi terlalu sering ke salon-salon kecantikan, cukup konsumsi buah tomat setiap hari :

  1. Mengecilkan pori - pori kulit : Pori - pori kulit yang besar memungkinkan kotoran gampang masuk dan menimbulkan terjadinya infeksi. Resepnya, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan adonan ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.
  2. Menyembuhkan Jerawat : Jerawat yang sering muncul ialah menunjukan kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C. Dengan mengkonsumsi tomat, badan mendapat suply vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat sanggup disembuhkan secara alami. Selain dikonsumsi, tomat juga sanggup di oles ke jerawat. Caranya, potong tomat menjadi dua pecahan dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar sanggup digunakan. Buat bubur atau pasta tomat kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.
  3. Mengatasi kulit berminyak Buat jus dengan materi tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, pasti wajah tidak lagi menjadi berminyak.
  4. Tomat sanggup menghilangkan komedo : Komedo ialah salah satu yang menciptakan kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini sanggup menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.
  5. Menyembuhkan kulit yang meradang : Kulit meradang sanggup terjadi alasannya ialah banyak hal, salah satunya mungkin alasannya ialah sengatan matahari langsung. Efek kulit meradang menyerupai kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Cara membuatnya, parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas sesudah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat diharapkan kulit. lebih lembut dan kenyal.
  6. Menjadikan kulit lebih bercahaya : Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat sanggup juga dioles ke pecahan badan lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS