ADS

Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut


RESEP DAN CARA MEMBUAT BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT. Bolu atau camilan bagus bolu (bahasa Inggris: cake) ialah camilan bagus berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut camilan bagus tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan dipakai sebagai masakan epilog atau sajian istimewa resepsi ijab kabul atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi ijab kabul ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan camilan bagus tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan tugas cake sebagai masakan istimewa dalam banyak sekali upacara peringatan. Acara pemotongan camilan bagus juga sering digantikan program pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bulat dimaksudkan untuk dipotong-potong saat dijual atau disajikan. Kue bolu empuk yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga memakai materi dasar potongan camilan bagus bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

BAHAN :
  • 4 butir telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt emulsifer (sp/tbm)
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt baking powder
  • 75 gr santan kental
  • 3 - 4 tetes pewarna merah muda, kuning, dan hijau muda atau sesuai dengan selera.

CARA MEMBUAT KUE BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT :
  1. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan bergantian dengan santan kental.
  2. Bagi 3 bagian. Satu bab beri pewarna merah muda, satu bab lagi warna kuning dan satu bab lagi dengan warna hijau muda. Aduk rata masing-masing adonan. Kemudian masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot memanjang masing – masing warna selang seling di loyang setengah lingkaran sedang. Jangan lupa beri ganjal kertas roti sebelum menyemprot.
  4. Kukus dengan api sedang 20 menit atau sampai matang. Angkat.
  5. Sajikan.

Subscribe to receive free email updates:

ADS