ADS

Resep Minuman Tradisional Es Daluman Si Cincau Hijau Khas Bali

 Daluman yaitu Minuman Tradisional Bali homogen Cincau Hijau yang mempunyai nama lokal sep RESEP MINUMAN TRADISIONAL ES DALUMAN SI CINCAU HIJAU KHAS BALI
RESEP MINUMAN ES DALUMAN KHAS BALI. Daluman yaitu Minuman Tradisional Bali homogen Cincau Hijau yang mempunyai nama lokal ibarat camcao, juju dan kepleng. Masyarakat Sunda menyebutnya camcauh atau tahulu. Minuman Segar ini banyak juga disukai di Bulan Ramadhan Bulan Puasa Umat Muslim di Indonesia.

SEKILAS TENTANG DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Tumbuhan yang berjulukan latin Cylea barbata Myers ini merupakan flora merambat. Dengan diameter batang yang kecil, panjang tumbuhan daluman sanggup mencapai belasan meter. Kulit batangnya kasap. Sementara itu daunnya berbentuk perisai. Warna daunnya hijau pucat dan mempunyai permukaan yang agak berbulu. Tergantung jenisnya, ada juga daun daluman yang licin mengkilap. Akan tetapi yang lebih sering dijadikan minuman yaitu jenis daun dengan permukaan berbulu. Kenapa? Karena rasanya lebih enak, lebih infinit dalam arti kata tidak praktis mencair. Jenis inilah yang paling sering dijual dan paling laris di pasaran.

CARA MEMBUAT DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Daun yang sudah dicuci higienis diremas-remas hingga mengeluarkan cairan hijau yang berbusa. Daun yang sudah “remuk” ini lalu direndam dalam air matang hingga membentuk cairan yang encer. Sebelum cairan terlanjur kental, ampas daun harus segera dipisahkan dengan cara menyaringnya. Diperlukan waktu antara 3-4 jam biar cairan sanggup mengeras. Saripati daluman sanggup pribadi diminum dalam keadaan cair. Selain sebagai materi baku minuman dingin, daluman sanggup dijadikan materi adonan agar-agar.

Dalam proses pembuatannya, ada yang merebus daun terlebih dahulu dan menambahkan soda camilan cantik sebagai pengawet. Ada juga yang memberi adonan daun jempiring (kacapiring) untuk mempercepat proses pengentalan.

BAHAN :

  • 50 gr Cincau Hijau
  • 50 gr Kolang Kaling
  • 250 cc Santan cair diambil dari kelapa bakar
  • Es Serut
  • 100 cc Gula Aren cair
CARA MEMBUAT ES DALUMAN CINCAU HIJAU DAN CARA PENYAJIAN :
  1. Potong cincau hijau, sisihkan.
  2. Rebus kolang kaling hingga matang, tiriskan. Sisihkan
  3. Rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk, hingga matang.
  4. Tuang santan ke dalam mangkuk dan setengah bab gula merah. Masukkan cincau hijau dan kolang kaling. Tambahkan es di atasnya. Tuang sisa gula merah di atasnya. Sajikan.

Subscribe to receive free email updates:

ADS