ADS

Khasiat Dan Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH PINANG UNTUK KESEHATAN. Pinang yaitu homogen tumbuhan palma yang tumbuh di kawasan Afrika bab timur, Asia dan kawasan Pasifik. Pinang yang mempunyai nama ilmiah Areca catechu ini mempunyai batang lurus langsing dan sanggup mencapai ketinggian 25 meter. Dengan batang tinggi langsing serta lurus ini, menciptakan pohon pinang banyak dipakai sebagai media untuk permainan panjat pinang. Pohon pinang memang tidak menghasilkan buah yang sanggup dikonsumsi langsung, tetapi buah pinang ternyata telah banyak dimanfaatkan oleh leluhur kita sebagai obat tradisional.

Pinang ditanam untuk dimanfaatkan biji dan batangnya, orang-orang barat menyebut biji pinang dengan sebutan ‘betel nut’. Biji ini telah usang dmanfaatkan orang sebagai adonan untuk orang makan sirih selain dari kapur dan gambir. Saat ini biji pinang telah menjadi komoditi perdagangan, biji pinang dikala ini diekspor dari Indonesia ke beberapa Negara di Asia menyerupai India, Pakistan dan Nepal.
Kandungan Buah Pinang

Biji pinang yang mempunyai rasa pahit itu mengandung alkoloida menyerupai arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang mempunyai sifat racun dan adiktif. Beberapa jenis pinang akan menjadikan rasa pening bila dimakan. Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang antara lain yaitu arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine (guacine) dan beberapa unsur lainnya.

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH PINANG UNTUK PENGOBATAN

Buah pinang mempunyai berbagai manfaat sebagai tumbuhan obat, beberapa manfaat buah pinang sebagai tumbuhan obat adalah:
  1. Pinang sanggup kita manfaatkan untuk mengobati luka kulit dengan cara menumbuk daging buah pinang yang masih muda lalu menempelkanya pad abagian kulit yang terluka.
  2. Biji buah pinang muda juga sanggup dimanfaatkan untuk mengecilkan rahim sesudah melahirkan dengan cara merebus buah piang muda lalu meminum airnya secara rutin hingga rahimnya mengecil.
  3. Buah piang sanggup dimanfaatkan untuk mengobati mata rabun dengan cara mengunyah buahnya lalu meminum airnya.
  4. Buah pinang juga sanggup dimanfaatkan untuk mengobati cacingan, khususnya untuk mengobati cacing pita. Caranya yaitu dengan merebus biji pinang muda hingga mendidih, dinginkan airnya, lalu minumkan air rebusan biji pinang tersebut kepada penderita cacingan.
  5. Buah pinang juga bermanfaat sebagai penambah gairah bagi kaum laki-laki alasannya yaitu dalam buah pinang terkandung arekolin.

Subscribe to receive free email updates:

ADS