ADS

Resep Kerupuk Gurilem Banjur Gurih Rasa Pedas


RESEP DAN CARA MEMBUAT KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS ENAK. Gurilem yaitu kudapan khas bandung tepatnya dari tempat Cililin selain itu wajit ternyata Cililin populer dengan kerupuk Gurilemnya. kerupuk gurilem renyah ini yaitu kerupuk pedas yang bentuknya lingkaran panjang berbentuk silinder. Rasanya asin pedas dan beraroma jeruk, kami berikan bumbu diam-diam sehingga akan menciptakan anda pengen ngemil terus. Dan yg menciptakan gurilem yg satu ini istimewa yaitu bentuknya lingkaran panjang besar, tidak berminyak, yang menjadikannya sangat enak untuk dikonsumsi eksklusif sebagai cemilan atau pun dijadikan lauk nasi.

Kerupuk Gurilem atau keripik gurilem ini dibentuk tanpa proses penggorengan memakai minyak, tetapi digoreng diatas pasir yang sudah terlebih dahulu dibersihkan, sama ibarat proses penggorengan kerupuk bangkrut atau kerupuk miskin atau kerupuk pasir dari Cirebon hanya saja kerupuk gurilem bentuknya kecil dan memanjang. Bahan dasar dari kerupuk ini yaitu tepung tapioca yang diberi bumbu-bumbu khas kerupuk gurilem. Setelah kerupuk digoreng kemudian dicampurkan dengan bumbu banyak sekali macam rasa, ada rasa tidak pedas, pedas dan sangat pedas. Berikut resep gurilem banjur yang dilengkapi dengan cara gampang bikin sendiri :

BAHAN :
  • Kerupuk Gurilem rasa asin biasa
  • Cabe rawit
  • Mecin atau penyedap rasa (Vetcin)
  • Bawang Merah
  • Cikur
  • Garam secukupnya

CARA MEMBUAT KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS ENAK  :
  1. Masukkan Kerupuk Gurilem ke dalam plastik. pertimbangkan banyak kerupuknya sesuai dengan harga yang akan di jual per kerupuknya.
  2. Untuk Membuat kuah nya. Masukkan cabai rawit sesuai selera kedalam tempat penggilas bumbu masak (Kalau dalam bahasa sunda namanya Coet )
  3. Lalu masukkan cikur sedikit aja jangan banyak-banyak. Setelah itu tambahkan garam dan mecin sesuai selera. Gilas hingga mencampur semua bumbunya
  4. Sesudah di gilas, Tambahkan air panas secukupnya. Setelah di campur air panas boleh di coba dulu rasa kuah nya. jika ada yang kurang boleh di tambah bumbunya
  5. Iris-iris bawang merah secukupnya. kemudian goreng hingga kekuning-kuningan. Tapi awas jangan gosong. sehabis matang kemudian taburkan ke dalam kuah tadi.
  6. Masukkan kuah ke dalam kerupuk gurilem tadi secukupnya

Subscribe to receive free email updates:

ADS